Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

Selasa, 16 Desember 2014

Konfigurasi VoIP dengan PBX menggunakan Windows 3CX dengan terhubung pada Tathering & Portable Hotspot


Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.Definisi VoIP adalah suara yang dikirim melalui protokol internet (IP).



3CX Phone System adalah sebuah software IP PBX yang dapat menggantikan perangkat fisik PBX / PABX. IP PBX dari 3CX ini telah didevelop khusus untuk sistem operasi Windows dan berprotokol standar SIP, sehingga akan lebih mudah dimanage dan tentunya akan cocok dengan segala jenis SIP Phone, softphone maupun IP Phone.
3CX Phone System, selain berbasis Windows, 3CX juga memberikan paket teknologi komunikasi yang lengkap dengan menyertakan voice mail, fax, email dan status kehadiran/online user dan juga Video Call.
Masing-masing user juga dapat mengkonfigurasi pengaturan extensinya masing-masing melalui web-based user portal, yang tentunya dapat diakses dari mana saja tanpa bantuan IT Staff. di antaranya fitur-fitur seperti Call Forwarding dan Caller ID.
Dengan konsol web-based, administrator pun dapat dengan mudah membuat extensi-extensi baru dan mengubah pengaturan IP PBX. Dan karena 3CX Phone System adalah aplikasi Windows, tentunya akan sangat mudah dimonitor dan dikontrol. Anda dapat meingstall 3CX pada sebuah server yang sudah ada, atau bisa divirtualisasikan dan tidak memerlukan perangkat , tenaga dan biaya manajemen tambahan.

Pada kali ini kita akan membangun sebuah Ip PBX Server dengan windows 7 dan 3CX phone System menggunakan sebuah PC sebagai server dan beberapa smartphone Android yang digunakan sebagai client nantinya.

Pada percobaan ini, kami menggunakan windows untuk melakukan instalasi servernya dan menggunakan smartphone sebagai client. Langkah langkah nya adalah sebagai berikut :

1. Download dan install aplikasi 3Cx server pada PC anda. Aplikasi dapat di download di website terkait

2. Kemudian setelah melakukan penginstalan, config sesuai berikut :




3. Pilih create new PBX karena kita akan membuat PBX virtual baru pada windows,seperti yang ditunjukkan pada gambar : 

Dengan config default dan Next >

4. Pilih digit in extension numbernya, saya memilih 3 nomor extensi dikarenakan hanya 3 saluran yang saya butuhkan


5. Memasukkan password dan user name sesuai yang anda inginkan namun jangan sampai lupa dan untuk security 3CX tersebut.


6. Membuat ekstension,misal pada awal kita ingin membuat 3 user dengan nama contact beserta ekstensi operator (no. ekstensi = 100), hanafi (no. eks = 101), icad (no. eks = 102), seperti contoh yang ditunjukkan pada gambar berikut :








Namun gambar tersebut tidaklah seperti penyetingan yang saya punya dikarenakan tidak sempatnya pengambilan data, jadi dapat kita simulasikan seperti ini dan sesuai penyetingan saya

7. Setelah selesai melakukan setting sebagai operator dan client - client, silahkan masuk pada applikasi selanjutnya 3CX Phone System Menagement Console. Lalu silahkan registrasi dengan username dan password yang telah disetting.


Kemudian akan tampil system management console dari 3cx phone system seperti berikut :


Lalu kemudian penyetingan Account 3CX maupun X-Lite nya, seperti contoh dibawah dimana harus sama yang di setting sebelumnya yaitu ekstensi operator (no. ekstensi = 100), hanafi (no. eks = 101), icad (no. eks = 102). Client yang berwarna hijau berarti online sedangkan merah tidak tersambung dan kuning/orange sedang terhubung




IP pada digambar maksudnya adalah pc atau client yang hendak membuat account atau tathering hotspot hp yang hidup dengan 2 komputer terkoneksi/tersambung ke hp tersebut sehingga ketiganya satu jalur atau satu jaringan







Setelah melakukan pengetesan panggilana ke tiap tiap extension maka konfigurasi telah berhasil dilakukan seperti gambar gambar diatas yang membuktikan pengkonfigurasian berhasil, sesuai dengan yang saya setting yaitu nomor nomor extension operator (no. ekstensi = 100), hanafi (no. eks = 101), icad (no. eks = 102).

Sekian penjelasan tentang konfigurasi dan pengistalan 3CX untuk voip melalui wifi hotspot dengan serveradalah PC dengan OS windows. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih telah berkunjung dan mohon dukungannya dan sarannya.

0 komentar

Posting Komentar