Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

Minggu, 19 Oktober 2014

Pengenalan Ubuntu

Pengertian ubuntu

Ubuntu Merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.
Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

Macam Macam Ubuntu :

1. Edubuntu
2. Gobuntu
3. Kubuntu
4. Lubuntu

5. Xubuntu
6. Ubuntu JeOS
7. Ubuntu Mobile
8. Ubuntu Netbook Edition
9. Ubuntu Server
10. Ubuntu Tv
11. Ubuntu For Android

Kelebihan dari Ubuntu OS :

1. Tampilan
    Tampilannya yang menarik, dengan aplikasi yang dapat diunduh sendiri.

2. Keamanan Virus
   Ubuntu  ini  dapat  penulis  katakan,  sangat  bebas  virus.  Tetapi  tidak  100%.  Virus tersebut tidak terlalu membahayakan Ubuntu ini. Bahkan virus di Ubuntu bagaikan “masuk kanan keluar  kiri”. Sistem  Keamanan  Ubuntu sendiri sangat  ketat karena terlindungi oleh Password dan Enkripsi lainnya. 

3. Mudah Di Modifikasi.
  Sistem Operasi ini sangat mudah dimodifikasi, bahkan di Internet banyak pilihan tema dan icon yang anda bisa Install untuk merubah Tampilan.

4. Games. 
  Games di Ubuntu tidak kalah canggih dan bagus dengan game – game yang ada di Windows. Pengguna  pun  bisa  menginstall  Game  Windows  di  Ubuntu  dengan menggunakan Wine. 

5. Interface yang mudah.
   Para pengguna Ubuntu sebenarnya paling dimanjakan oleh tampilannya. Hanya sekali klik program sudah tersedia. Jika ingin mencari lagu, cukup ketikkan di Launcher HUD. Pengguna sudah dapat membeli dan mengunduhnya. 

Banyak lagi kelebihan dari ubuntu ini. Pada blog ini, penulis akan menulis beberapa tahap mulai dari memmbuat file, memanggil file, mengganti nama file, mendelete, mengcopy, serta memindahkan sebuah file ke folder lain dengan menggunakan SYSTEM TERMINAL yang terdapat pada menu Ubuntu. Tidak hanya itu saja, pada blog ini juga di share bagaimana mengubah IP (Internet Protokol) dengan  menu TERMINAL.

Sebelum kita masuk kedalam ubuntu ada baiknya mengenali kode perintah pada TERMINAL ubuntu yaitu sebagai berikut :
1. sudo su          : Untuk mulai perintah pada terminal.
2. cd                  : Untuk masuk ke tab folder.
3. cd ..               : Untuk kembali ke folder sebelumnya.
4. mkdir            : Untuk membuat folder baru.
5. echo              : Untuk membuat file baru.
6. gedit              : Untuk membuka dan mengedit file
7. nano              : Untuk mengedit tanpa menggunakan mouse, file akan dibuka didalam telminal.
8. rm                 : Untuk menghapus file.
9. rmdir             : Untuk menghapus directory.
10. mv               : Untuk rename nama file.
11. cp                : Untuk memindahkan dan mengcopy file dari suatu folder ke folder lainnya.


STEP BY STEP

DEKSTOP UBUNTU

Home Folder pada ubuntu


Sudo su untuk menjalankan perintah yang membutuhkan akses dari akun root [1]. Sudo hanya dapat digunakan oleh user yang sudah terdaftar di file /etc/sudoers. Pada saat dijalankan sudo akan meminta password user yang menjalankan sudo tersebut.


CD di gunakan untuk masuk pada direktori dan dapat juga di gunakan untuk keluar pada direktori dengan mengetik CD . .


Mkdir di gunakan untuk membuat folder baru



Ifconfig digunakan untuk melihat ip addres sebuah perangkat.


Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai materi yang menjadi bahasan dalam makalah ini, tentunya banyak kekurangan dan kelemahan kerena terbatasnya pengetahuan kurangnya rujukan atau referensi yang kami peroleh hubungannya dengan blog ini, blog ini rangkuman dari http://mohammadriyansiregar.blogspot.com/ dan http://zainaltet.blogspot.com/ . Penulis terkhususnya nara sumber banyak berharap kepada para pembaca yang budiman memberikan kritik saran yang membangun kepada kami demi sempurnanya blog ini. Semoga blog ini dapat bermanfaat bagi penulis khusus pada pembaca. Aamiin YRA.


0 komentar

Posting Komentar