Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

Kamis, 30 Oktober 2014

PDF dan CDF

Internet merupakan kebutuhan utama bagi sebagian besar orang, baik itu pekerja kantor,kalangan mahasiswa maupun pelajar, hampir sebagian kehidupan kita tanpa sengaja membutuhkan internet. Dikalangan mahasiswa internet sangat dibutuhkan, terutama pada mencari bahan kuliah dan mengerjakan tugas-tugasnya ataupun mencari teman dan pengalaman pada jejaring sosial,bahkan untuk hiburan juga dibutuhkan internet sebagai medianya. Untuk memaksimalkan kebutuhan tersebut, tentu saja kita butuh internet yang memiliki perform yang tinggi.
      Pada laporan ini akan dilakukan penelitian dan analisa kecepatan internet di tempat tinggal penulis sehingga akan memberikan informasi tentang penilaian koneksi berdasarkan CDF dan PDF
         Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Pengumpulan data. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan melakukan test koneksi ke www.detik.com. Test koneksi dilakukan dengan berbagai terasi 1000 dan kapasitas data 64 byte, 128 byte, 512 byte dan 1024 byte. Berikut penjelasan mengenai PDF dan CDF sebagai tolak ukur penilaian koneksi.

         Monitoring jaringan adalah salah satu fungsi dari MANAGEMENT jaringan yang berguna untuk menganalisa apakah jaringan masih cukup layak untuk digunakan atau perlu tambahan kapasitas. Hasil monitoring juga dapat membantu jika admin ingin mendesain ulang jaringan yang telah ada. Banyak hal dalam jaringan yang bisa dimonitoring, salah satunya adalah load traffic jaringan lewat pada sebuah router atau interface komputer. Monitoring dapat dilakukan dengan standar SNMP, selain load traffic jaringan, kondisi jaringan pun harus dimonitoring, misalnya status up atau down dari sebuah peralatan jaringan. Hal ini dapat dilakukan dengan utilitas PING.

*PDF dan CDF

- PDF (Probability Density Function)
Probability Density Function menyatakan nilai probabilitas dari setiap keajadian. Contoh pada kasus  ini adalah dimana X merupakan tiap-tiap ukuran paket data dari data pada langkah sebelumnya, dengan RTT range 25 ms. Caranya, nilai RTT terkecil kemudian tambahkan 25 ms itu jadi range pertama, dan lanjutkan sampai data RTT terbesar masuk dalam range terakhir. Nilai PDF akan menampilkan kemungkinan jumlah data dalam range. Nilai semua kemungkinan adalah 1.

 - CDF(Cumulative Density Function)
Fungsi kepadatan kumulatif atau Cumulative Density Function adalah fungsi yang menjumlahkan nilai kemungkinan sampai suatu kejadian tertentu (1). Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya jumlah nilai kemungkinan adalah 1.

Analisa

Pada pengambilan data dengan iterasi 1000 dan untuk menghindari adanya RTO (Request Time Out) sehingga dilakukan iterasi 1100, 100 ini antisipasi bahwa terjadinya RTO maka jikalau nantinya terdapat RTO data dari murni iterasi 1000 tidak terganggu bahkan bisa lebih dari 1000 apabila koneksi internet bagus dan lancar. jadi RTO yang terdapat pada pengambilan atau pengepingan 1100 ini RTO nya dibuang dan hanya mengambil 1000 iterasi murni. Ukuran byte paket data yang di gunakan adalah 64 byte, 128 byte, 512 byte, 1024 byte dengan melakukan pengePINGan ke alamat atau ip www.detik.com

Dengan command pada cmd ialah : ping www.detik.com -n 1100 -l *ukuran byte paket -i 225 > *namafile.txt


Setelah selesai melakukan pengambilan data dengan iterasi 1000 dari masing masing byte pake data maka salah satu data yang di dapat seperti berikut :

Setelah dilakukan PING, maka lihatlah minimum dan maximum pada txt nya. Seperti yang terlihat diatas ini
Kemudian, urutkan RTT nya dari yang terkecil yang yang terbesar dalam excel. Lalu, buat range dari RTT nya setiap 25 ms. Lalu carilah nilai pdf dan cdf nya dengan rumus :



CDF = Jumlah Rentang Terendah + Jumlah Rentang Selanjutnya 
(Penjumlahan Setiap Kenaikan Range)



 Berikut data yang didapat dari ukuran paket 64,128,512,1024 byte.

DATA

64byte





128byte





512byte




1024byte




Dari data iterasi terlihat jelas koneksi yang bagus adalah pada saat 128byte dan 512byte ini dikarena kan persebaran datanya tidak terlalu besar namun pada koneksi yang saya gunakan sudah sangat bagus

Kesimpulan

 Dari percobaan yang dilakukan dapat ditarik kesimpulan sbb: 
  • Analisa jaringan dengan parameter RTT tergantung dari kondisi trafik. Semakin padat trafik maka akan semakin besar pula RTT nya
  • jika semakin besar ukuran paket data, maka akan semakin besar pula RTT nya jika kondisi trafik jaringan sedang bagus dan stabil. 
  • Kondisi trafik yang stabil pada saat ukuran paket datanya 128 dan 512 Byte.



0 komentar

Posting Komentar