Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

Blogroll

Senin, 10 November 2014

Membuat File Transfer Protocol (FTP)


FTP (singkatan dari File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork.

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP


Fungsi FTP

FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini. Fungsi FTP adalah untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

Cara Kerja FTP

Sebuah Klien FTP merupakan aplikasi yang dapat mengeluarkan perintah-perintah FTP ke sebuah server FTP. Sementara server FTP adalah sebuah Windows Service atau daemon yang berjalan di atas sebuah komputer yang merespons perintah-perintah dari sebuah klien FTP. Perintah-perintah FTP dapat digunakan untuk mengubah direktori, mengubah modus pengiriman antara biner dan ASCII, menggugah berkas komputer ke server FTP, serta mengunduh berkas dari server FTP.

Sebuah server FTP diakses menggunakan Universal Resource Identifier (URI) dengan menggunakan format ftp://namaserver. Klien FTP dapat menghubungi server FTP dengan membuka URI tersebut.

Berikut adalah langkah - langkah membuat FTP :

1. Menginstal Proftpd

#apt-get install proftpd


 Setelah muncul kembali bar atau penginstalan sudah selesai, namun pada gambar diatas menunjukkan bahwasanya Proftpd sudah terinstal sebelumnya. Apabila belum menginstal maka akan muncul seperti berikut : 


kemudian pilih OK
2. Edit Proftpd dengan command :

#gedit /etc/proftpd/proftpd.conf

maka akan tampil sebagai berikut :




kemudian disimpan (save) lalu restart dengan command :

# /etc/init.d/proftpd restart


apabila saat penrestartan tidak terjadi eror atau pun semacamnya maka FTP yang telah dibuat bisa dibuka menggunakan browser, dengan addres :

ftp://___________(IP address yang digunakan pada saat pembuatan FTP)

kemudian akan tampil pada browser anda sebagai berikut :


login sesuai dengan yang kita setting pada ubuntu atau FTP dengan benar maka akan tampil sebagai berikut :


Gambar diatas membuktikan bahwa FTP yang telah kita buat berhasil, namun ini pembuktian dengan menggunakan browser, untuk membuktikan melalui terminal dengan command :

#ftp localhost


maka akan tampil security seperti dengan menggunakan browser, namun tampilannya sebagai berikut :


Note : PC yang kita gunakan ataupun elektronik lain hendaklah terkoneksi ke internet dan mempunyai IP yang jelas atau tidak berubah ubah jika tidak command pembuatan FTP tidak dapat dilakukan

Demikian blog diatas yang membahas tentang Pembuatan File Transfer Protocol (FTP) semoga bermamfaat, Terimakasih

0 komentar

Posting Komentar